PERTEMUAN
FORUM WARGA PEDULI TKI, YRC-MAMBALAN MENYERUKAN PERBAIKAN PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA
Sabtu (27/12/2014) telah diadakan
pertemuan forum warga peduli TKI di Aula Kantor Desa Gelangsar, dengan hasil
diskusi dan shering pembelajaran yang mencapai tahap strategi penyelesaian
tantangan yang dihadapi oleh para calon dan mantan TKI/TKW di Indonesia, baik
tenaga kerja yang diluar maupun dalam negeri.
Pertemuan
Forum Warga Peduli TKI di Aula Kantor Desa Gelangsar, pada pukul 08.30 – 12.00
Wita pada hari Sabtu (27/12/2014), banyak menceritakan kontropersi antara para
calon dan mantan TKI/TKW yang keluar negeri dengan pemberi pelayanan, mulai
dari tingkat bawah hingga tingkat atas, dalam artian prosedur pelayanan publik
yang diberikan dari awal hinggal akhir pelayanan kepada TKI/TKW kita dii
Indonesia khususnya bagi warga TKI/TKW yang awam dan bahkan buta hurup acap
kali menuai kontropersi atau perlakuan yang menyimpang, seperti yang
diungkapkan oleh beberapa warga peduli TKI pada pertemuan ini.
Misalnya
pada kasus warga lembah sari, yang dari awal pelayanan khususnya pada
pengecekkan kesehatan pada calon TKI/TKW, bahwa dari pengecekkan awal di
Indonesia dikatakan LULUS, namun setiba di luar negeri (Malaysia) belum apa-apa
sudah langsung dipulangkan atau ditolak oleh pihak luar negeri untuk menjadi
tenaga kerja disana, dengan alasan bahwa warga tersebut memiliki penyakit,tentu
hal ini sangat bertolak belakang dengan pengecekkan yang dilakukan di
Indonesia, sehingga warga peduli TKI menganggap adanya semacam penipuan yang
dilakukan oleh pihak pemberi layanan di Indonesia, dimana ketika diminta
pengembalian uang pengecekkan dan biaya lainnya-pun tidak diberikan sama sekali
walaupun yang diminta setengah dari biaya yang dikeluarkan oleh calon TKI/TKW,
(Adi (27)/Lembah Sari)
Selain
itu, juga diperkuat dengan adanya penyimpangan pelayanan publik oleh pihak
dalam negeri sendiri, dalam hal ini warga yang akan menjadi tenaga kerja di
dalam negeri sendiri yakni antara Lombok dengn Denpasar-Bali, dimana warga
calon tenaga kerja yang berasal dari Lombok Barat Desa Gelangsar ini di giurkan
dengan gaji yang besar dan akan dipekerjakan di Mall atau toko besar yang ada
di Denpasar-Bali, namun setibanya di Denpasar-Bali kami mendengar isu bahwa
ternyata ketiga perempuan tenaga kerja yang terdiri dari seorang janda dan dua
gadis dibawah umur tersebut menderita dan hanya dipekerjakan sebagai pembantu
rumah tangga, tanpa ada kabar yang jelas dari pihak PT yang terkait, dan ketika
kami dari pihak pemerintah Desa Gelangsar menelusurinya sampai ke Denpasar-Bali
kami belum menemukan PT tersebut karena dirahasiakan, hal ini disampaikan oleh
Kepala desa Gelangsar sendiri dalam menangani kasusn warganya,
Demikian
cerita yang miris tentang tenaga kerja baik di luar maupun dalam negeri, dan
masih banyak lagi kasus atau masalah yang terjadi pada pelayanan publik di
Indonesia seperti pada pelayanan dasar yakni pelayanan Air bersih, pelayanan
bank kepada TKI/TKW, pemerhatian pada tenaga kerja rumah tangga dan lain
sebaginya,
Sehingga
dari diskusi tersebut warga peduli TKI dalam pertemuan ini mengharapkan adanya
perbaikan mendasar pada pelayanan publik, diantaranya perbaikan identitas (NIK
KTP Warga), kemudian peningkatan strategi pelayanan diantaranya adanya tempat
pengaduan/komunikasi dengan unit pelayanan, mediasi dengan pihak-pihak terkait,
pengalian data dan informasi, serta dibentuk suatu kebijakan dari pemerintah
desa yakni peraturan desa (Perdes), guna untuk perlindungan TKI itu sendiri.
selain itu, juga disarankan kepada masing-maisng lembaga pembantu atau
khususnya bagi warga peduli TKI ini sendiri untuk memanfaatkan media sosial
sebagai sarana untuk memperluas informasi terkait dengan alur pelayanan publik
mulai dari tingkat bawah hingga tingkat atas. Karena yang menjadi sumber
masalah dari keberangkatan, pra-pemberangkatan hingga paska para tenaga kerja
kita di Indonesia ini adalah pada warga calon TKI/TKW itu sendiri, kemudian
pada pemberi layanan itu sendiri.
http://amalanpesugihan.id.ai/
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
BalasHapusKAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل
KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل